PENGARUH INTEREST INCOME GROWTH , NET WORKING CAPITAL, DAN CAPITAL EXPENDITURE TERHADAP CASH HOLDING DENGAN AKTIVITAS DEWAN KOMISARIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Sjamsul Maarif
  • Choirul Anwar Universitas Pancasila
  • Dharmansyah Dharmansyah Universitas Pancasila
Keywords: Interest Income Growth, Net Working Capital, Capital Expenditure, Aktivitas Dewan Komisaris, Cash Holding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Interest Income Growth (IIG), Net Working Capital (NWC) dan Capital Expenditure (CAPEX) terhadap Cash Holding (CH). pada perusahaan Jasa Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini juga menguji peran Aktivitas Dewan Komisaris sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara Interest Income Growth, Net Working Capital dan Capital Expenditure perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 perusahaan jasa keuangan di Bursa Efek Indonesia. Sampel didapatkan dengan metode purposive sampling. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan regresi linier berganda dan Structural Equaton Modeling (SEM) dengan program WarpPLS 6.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Interert Income Growth (IIG) berpengaruh positif signifikan terhadap Cash Holding; Net Working Capital (NWC) terhadap Cash Holding tidak berpengaruh; Capital Expenditure terhadap Cash Holding tidak berpengaruh signifikan; hubungan antara Interest Income Growth terhadap Cash Holding yang dimoderasi oleh ADK berpengaruh signifikan; hubungan antara Net Working Capital (NWC) terhadap Cash Holding yang dimoderasi oleh ADK tidak signifikan; hubungan antara Capital Expenditure (CAPEX) terhadap Cash Holding yang dimoderasi oleh ADK berpengaruh signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-12
How to Cite
Maarif, Sjamsul, Choirul Anwar, and Dharmansyah Dharmansyah. 2019. “PENGARUH INTEREST INCOME GROWTH , NET WORKING CAPITAL, DAN CAPITAL EXPENDITURE TERHADAP CASH HOLDING DENGAN AKTIVITAS DEWAN KOMISARIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI”. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Humaniora 2 (1), 163-73. https://doi.org/10.33753/madani.v2i1.42.