Analisis Pengaruh Kualitas Akrual, Persistensi Laba,dan Perataan Laba Terhadap Informasi Asimetri

  • Asih Handayani Universitas Pamulang
Keywords: Accrual Quality, Profit Persistence, Profit Alignment, Asymmetry Information

Abstract

This study aims to examine the effect of accrual quality, profit persistence and income smoothing to asymmetric information (Empirical Study on Manufacturing Companies Textile and Garment Subsector Registered in Indonesia Stock Exchange 2011 -2015). The population in this study are 17 companies. The sample technique used is purposive sampling and sample size of 9 companies. The model used in this research is panel regression using Eviews 8 application. Result of research: accrual quality, earnings persistence have not significant effect to asymmetry information. While income smoothing have significant effect to asymmetry information. Accrual quality, profit persistence and income smoothing are equally influential but very weak against asymmetric information.

   

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas akrual, persistensi laba dan perataan laba terhadap informasi asimetri. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Yang merupakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih secara sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan manufaktur subsektor tekstil dan garment., dengan menggunakan data skunder tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan tekniki purposive sampling sehingga dihasilkan jumlah sampel  sebanyak 9 perusahaan dengan total observasi 45 laporan keuangan perusahaanTeknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel. Pada penelitian ini membuktikan hasil penelitian bahwa kualitas akrual tidak berpengaruh terhadap informasi asimetri; juga membuktikan bahwa persistensi laba tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap informasi asimetri. Sedangkan perataan laba memiliki pengaruh signifikan terhadap informasi asimetri. Dan secara simultan kualitas akrual, persistensi laba dan perataan laba secara bersama-sama berpengaruh namun sangat lemah terhadap informasi asimet. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan variabel kualitas akrual dan persistensi laba tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap informasi asimetri sedangkan perataan laba berpengaruh negatif signifikan terhadap informasi asimetri yang berarti semakin kecil perusahaan melakukan perataan laba semakin besar kemungkinan adanya informasi asimetri.

 

 

Kata Kunci:Kualitas Akrual, Persistensi Laba, Perataan Laba, Informasi Asimetri

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, A. N. (2012).Kajian Kualitas Pelaporan Keuangan Second Order terhadap Asimetri Informasi. Accounting Analysis Journal 1 (1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Benardi et al.(2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan dan Implikasinya Terhadap Asimetri Informasi.Jurnal Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal.

Fanani, Z. (2009). Kualitas Pelaporan Keuangan: Berbagai Faktor Penentu dan Konsekuensi Ekonomis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. 6: 20-45.

Fitriyana, N. dan Fadhlia, W. (2016). Pengaruh Tingkat Hutang dan Arus Kas Akrual Terhadap Persistensi Laba (Studi Pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMA)Vol. 1 No. 1. Banda Aceh.

Francis, J. R. et. al. (2004). Costs of Equity and Earnings Attributes, The Accounting Review 79: 967-1010.

Husna, Z. A. dan Zulfikar. (2017). Pengaruh Atribut Kualitas Pelaporan Keuangan Terhadap Informasi Asimetri pada Perusahaan Syariah yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index pada Periode 2012-2015. Jurnal Peran Profesi Akuntansi Dalam Penanggulangan Korupsi. Surakarta.

Indriani, R. dan Khoiriyah, W. (2010). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan Terhadap Informasi Asimetri. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Kusuma, et al. (2014). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Asimetri Informasi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2012. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Purwanti, T. (2011). Analisis Pengaruh Volatilitas Arus Kas, Besaran Akrual, Votalitas Penjualan, Leverage, Siklus Operasi, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Setiany, E. dan Wulandari, A. (2015). Kualitas Pelaporan Keuangan dan Asimetri Informasi di Industri Manufaktur Indonesia. Efektif Jurnal Bisnis dan EkonomiVol 6 No. 2 Desember 2015 17-24.

Setyaningtyas, I. dan Hadiprajito, B. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Income Smoothing). Diponegoro Journal of AccountingVolume 03, Nomor 02, Tahun 2014, 1-10.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. (2010). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga, BPFE. Yogyakarta.

Triningtyas, I. A dan Siregar S. (2014). Pengaruh Kualitas Akrual Terhadap Biaya Utang dan Biaya Ekuitas (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi ke 17. Mataram.

Ujiyantho, A. (2007). Asimetri Informasi dan Manajemen Laba suatu Tinjauan dalam Hubungan Keagenan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.

Wijaya et al.(2010). Pengaruh Kualitas Akrual dan Leverage Terhadap Cash Holding Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia,Desember 2010, Volume 7 – No. 2 170-186.

www.bisnis.liputan6.com

www.idx.co.id

Published
2021-03-30
How to Cite
Handayani, A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Akrual, Persistensi Laba,dan Perataan Laba Terhadap Informasi Asimetri. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 4(1), 51 - 60. https://doi.org/10.33753/madani.v4i1.152
Section
Articles